Cara Menyimpan Cireng

Berbeda dengan penyimpanan makanan dalam kulkas, membekukan makanan bisa mengawetkan makanan dalam jangka waktu yang lebih lama.
Tapi kita harus hati-hati menggunakan metode ini. Karena makanan yang dibekukan bisa kehilangan rasa atau mengalami perubahan tekstur serta perubahan, kendati makanan itu takkan membusuk.
Mari ikuti beberapa tips berikut agar makanan yang disimpan dalam freezer terhindar dari kontaminasi.
1. Temperatur
Aturlah temperatur dalam freezer di nol derajat Celcius atau lebih sehingga makanan yang disimpan menjadi aman.
Gunakan termometer terpisah untuk mengukur suhu sebenarnya dalam freezer. Apabila es yang disimpan langsung mencair saat diambil dari freezer, maka suhunya kurang dingin.
2. Pengepakan yang benar
Pembungkusan makanan yang benar akan mencegah makanan mengalami freezer burn dimana makanan itu akan menjadi buruk dan tidak enak.
Mengepak makanan dalam wadah khusus freezer akan mencegah pembusukan terjadi dengan cepat. Kalau anda mengunakan plastik, pastikan ia tak memiliki lubang atau bungkus dua kali sehingga tak ada udara yang masuk dari luar kemasan.
3. Pencairan
Saat makanan dikeluarkan dari freezer dan mulai mencair, maka disaat itu pula bakteri mulai tumbuh. Hati-hati, karena pencairan dalam refrigerator akan memicu pertumbuhan bakteri.
Anda dapat mencairkan sebagian dari makanan yang masih memiliki bunga es dan kembali bekukan sisanya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menggoreng Cireng

Cireng Isi Reguler